-

China

 

Menikmati Gunung Melayang di China

23 Oktober 2012
Zhangjiajie

      Dalam film “Avatar” garapan sutradara James Cameron, diceritakan serombongan pesawat bumi masa depan melayang beriringan di planet Pandora. Di perjalanan tersebut bermunculan gunung - gunung terjal yang melayang. Tianzi Mountain atau yang kini lebih dikenal Avatar Hallelujah Mountain merupakan planet Pandora. Bila diamati, pegunungan terjal melayang tersebut sungguh ajaib dan menakjubkan. Mengundang decak kagum yang luar biasa. Karena gunung-gunung terjal tersebut melayang dan menggantung di atas awan.

      Pegunungan terjal yang melayang tersebut sebenarnya terinspirasi oleh keindahan deretan pegunungan Zhangjiajie di Provinsi Hunan selatan, China. Nama lokal pegunungan tersebut adalah pegunungan Tianzi. Oleh pemerintah setempat namanya berubah menjadi Avatar Hallelujah Mountain sesuai nama dalam film Avatar. Dengan harapan pemerintah daerah Zhangjiajie berharap dapat mendompleng kemasyuran film Avatar.

Zhangjiajie

      Pegunungan Avatar kini menjadi daerah wisata yang unik dan eksotik. Deretan pegunungan melayang di atas awan menjadi daya pikat. Kabut-kabut awan yang menyelimuti pegunungan terjal tersebut membungkus rapi sehingga seolah-olah seperti melayang di atas bumi. Layaknya sebuah pemandangan ilusi namun begitu indah dipandangi dari balik kereta gondola yang berkeliling mengitari pegunungan tersebut. Momen terindah adalah saat hujan turun dan meninggalkan bekas kabut yang halus dan tebal.

Zhangjiajie

      Pegunungan Taman Nasional Zhangjiajie di Kota Zhangjiajie, Hunan, China memang pantas disebut sebagai salah satu objek wisata terindah di Negeri Tirai Bambu. Bukit-bukit tajam yang ditempeli pepohonan hijau menatap langit dengan gagahnya menjadi adalahan sajian utama bagi para wisatawan. Kawasan hutan ini diresmikan menjadi taman nasional pada tahun 1982 di China. Luas kawasan taman nasional ini adalah 4,8 hektar. Pegunungan ajaib ini masuk dalam kawasan Wulingyuan. Kawasan hutan ini masuk dalam daftar situs peninggalan sejarah UNESCO dalam kategori geopark.

Zhangjiajie

      Taman Nasional Zhangjiajie atau kawasan Wulingyuan merupakan proses alami yang terbentuk dari erosi ribuan tahun lamanya. Begitu banyaknya proses alam yang memahat kawasan ini menjadi begitu indah. Tempaan erosi, cuaca, suhu yang ekstrim membentuk kawasan hutan ini menjadi pegunungan yang unik.

      Ada sekitar tiga ratusan gundukan bukit terjal yang menghujam bumi di kawasan ini. Dari ratusan gunung terjal ini membentuk bermacam-macam gundukan. Bukit tertinggi tercatat hingga mencapai 400 meter. Bentuk bukitnya juga beragam. Menciptakan keragaman bukit terjal yang eksotik dan unik.  Rasanya mata ingin berlama-lama menatap bukit-bukit yang melayang tersebut. Bagi anda penikmat alam bebas ketinggian, akan sangat terasa sekali ilusinya bila menikmatinya dari balik kereta gondola.