-

Anak Gunung Rinjani Meletus

 

Bandara Ngurah Rai Ditutup Akibat Abu Anak Rinjani

Rabu, 04 November 2015
Gunung Baru Jari

        Sejumlah maskapai penerbangan yang akan terbang dan mendarat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali terpaksa harus dibatalkan karena abu vulkanik yang terjadi akibat dari meletusnya Anak Gunung Rinjani. Pembatalan tersebut telah diumumkan melalui layar monitor dengan bertuliskan "cancel due to volcano".

        Beberapa penerbangan dijadwalkan ulang, belum ada informasi sampai kapan pembatalan itu akan dilakukan. Maskapai penerbangan Australia seperti Jetstar dan Virgin Australia pun harus membatalkan penerbangan dari dan ke Bali akibat erupsi Gunung Barujari di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu. Maskapai Virgin Australia dan Jetstar mengatakan, abu vulkanik yang ada di sekitar langit Bali dianggap tidak aman untuk penerbangan. Virgin Australia membatalkan 10 penerbangan, sementara Jetstar enam penerbangan sejak kemarin (3/11).

Bandara Ngurah Rai

        Sejak 25 Oktober 2015, Status anak Gunung Rinjani ini masih waspada (level II). "Menurut BMKG semburan akan terus berlangsung sampai pukul 12.45 WITA. Setelah itu baru akan turun”, kata Kepala BPBD NTB M Azhar pagi tadi (4/11). Barujari mengeluarkan letusan sebanyak tujuh kali dan menyemburkan asap sampai ketinggian 1.300 meter. Letusan yang terjadi hingga hari ini tingginya mencapai sekitar 3.500 meter dpal atau sekitar 1.000 meter atas Kawah Barujari. Abunya sangat halus dan terbawa angin ke arah barat.

        Co GM PT Angkasa Pura I Gusti Ngurah Rai, Gusti Ngurah Ardita menyatakan bahwa Bandara Ngurah Rai akan ditutup hingga Kamis pagi (5/11). Ngurah Ardita juga menjelaskan bahwa perpanjangan penutupan ini dilakukan karena ada perkembangan dari kondisi debu (Gunung Rinjani), pemantauan satelit, dan informasi dari BMKG.

Sumber :
http://regional.kompas.com/....Status.Waspada.Anak.Gunung.Rinjani.Terus.Menyembur
http://regional.kompas.com/....Bandara.Ngurah.Rai.Ditutup.hingga.Kamis.Pagi
http://www.cnnindonesia.com/....penerbangan-ke-australia-dibatalkan
http://internasional.kompas.com/....Letusan.Anak.Rinjani.Lumpuhkan.Penerbangan.Australia-Bali