-

Gunung Kelud

 

Gunung Kelud Meletus, 3 Bandara Di Sekitarnya Terpaksa Ditutup

Jumat, 14 Februari 2014
Bandara Adisumarmo

        Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur memamerkan keaktifannya dengan mengeluarkan letusan dahsyat pada Kamis, 13 Februari 2014 kemarin sekitar pukul 22.50 WIB. Ratusan ribu kubik material vulkanik dan pasir termuntahkan dari perut Gunung Kelud disertai dentuman yang sangat kencang. Letusan Gunung ini menyebar ke beberapa kota di sekitarnya seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Cilacap dan juga Tasikmalaya di Jawa Barat. Bencana letusan Gunung Kelud hingga saat ini sudah memakan 2 korban jiwa dan 18 orang hilang seperti yang diberitakan di liputan6.com (Jumat, 14/02/14).

        Letusan gunung tersebut juga berdampak terhadap lalu lintas penerbangan yang mengakibatkan 3 bandara pun ditutup untuk sementara waktu. Ketiga bandara tersebut yaitu Bandara Juanda (Surabaya), Adi Sucipto (Yogyakarta), dan Adi Soemarmo (Solo). Menurut berita yang tertulis di liputan6.com, ratusan pernerbangan dari beberapa maskapai telah membatalkan penerbangan dari dan menuju empat bandara termasuk Bandara Malang hingga waktu yang masih belum dapat dipastikan.

        Penutupan dan pembatalan penerbangan tersebut dikarenakan hujan abu vulkanik yang masih terus terjadi dan membuat jarak pandang di Bandara Juanda kurang dari 100 m, Bandara Adi Sucipto antara 1- 5 m, dan di Bandara Adi Soemarmo kurang dari 500 m. Kementerian Perhubungan pun hingga saat ini masih belum bisa memastikan kapan ketiga bandara tersebut akan resmi beroperasi kembali.

Jogjakarta

Sumber :
http://bisnis.liputan6.com/.../penerbangan
http://news.liputan6.com/r...ring-of-fire?wp.hdln
Img 1 :
www.kompas.com
Img 2 :
Pribadi