-

Bebas Visa Jepang

 

Kini Jepang Bebaskan Visa Bagi WNI

Jumat, 20 Juni 2014
Visa Jepang

        Siapa yang tidak kenal dengan tempat kelahiran Doraemon? Yap! Negeri Matahari Terbit atau Negeri Sakura ini, kini mengumumkan kabar baik bagi tanah air khususnya bagi pecinta Negeri Sakura ini.

        Kabar yang ditunggu- tunggu ini disampaikan secara resmi melalui siaran pers di KBRI Tokyo, Selasa lalu (17/06/2014). Setelah desas – desus yang beredar sejak awal tahun 2014 bahwa Jepang akan bebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia, Pemerintah Jepang secara resmi mengumumkan bahwa kebijakan bebas visa bagi Warga Negara Indonesia telah diwujudkan dan mulai diberlakukan terhitung akhir tahun 2014 nanti jika tidak ada halangan.

        Sayangnya, kebijakan ini hanya berlaku untuk kunjungan maksimum selama 15 hari di Jepang dan hanya berlaku bagi pemegang e-paspor (paspor yang memiliki chip/IC) agar dapat dibaca oleh sistem komputer imigrasi Jepang. Bagi para pemegang paspor biasa (tanpa chip/IC) tetap harus menggunakan visa kunjungan ke Jepang, tetapi jangan khawatir, karena pemerintah Jepang akan mempermudah persyaratan pengaplikasian visa kunjungan, terutama untuk perjalanan secara berkelompok atau group tour.

        Kedutaan Besar RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra, menyambut sangat baik kebijakan pemerintah Negeri Sakura tersebut walaupun tanpa tuntutan timbal balik kepada pemerintah tanah air.

Sumber :
http://news.detik.com/../jepang-umumkan-bebas-visa-bagi-wni