-

Bandara Tibet

 

Bukan Hanya Gedung, Bandara Tertinggi Di Dunia Juga Dimiliki China
Rabu, 18 September 2013
Daocheng Airport

        Seakan tak mau kalah dengan gedung pencakar langit yang menghiasi gemerlap kota-kota besar di China, kini bandara tertinggi dibuka di China tepatnya di daratan Tibet. Bertempat di Garzi, Tibet, Bandara Daocheng Yading resmi dibuka pada Senin, 16 September 2013 lalu dengan ketinggian 4.411 meter di atas permukaan laut. Bandara tersebut berhasil mengalahkan Bandara Qamdo yang berlokasi di Tibet dengan ketinggian 4.334 meter di atas permukaan laut.

        Tibet merupakan salah satu destinasi di China yang banyak diminati para wisatawan meski terletak di dataran tinggi dan membutuhkan daya tahan tubuh yang extra. Garzi sendiri memang terkenal dengan keindahan alamnya sehingga tidak salah jika membangun bandara di daerah ini akan meningkatkan obyek pariwisata setempat.

        Menurut sumber tertulis di nbcnews.com (16/09/13), bandara Daocheng ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Chengdu, Provinsi Sichuan dimana sebelumnya membutuhkan waktu dua hari perjalanan dengan menggunakan bus, kini hanya membutuhkan waktu satu jam melalui udara.

        Bandara yang sudah resmi menyandang gelar bandara tertinggi di dunia ini, untuk sementara waktu hanya akan dapat diakses melalui Chengdu dan untuk akses dari Shanghai, Guangzhou, Chongqing akan menyusul kemudian hari. Daya tampung penumpang di bandara ini cukup banyak yakni mencapai 280.000 ribu penumpang per tahun.

        Meski letaknya cukup mengerikan karena di dataran tinggi dimana udara yang tipis menyebabkan mesin pesawat terbang akan menghasilkan daya dorong lebih kecil dibanding di dataran rendah, pemerintah telah menyiasati hal ini dengan membuat landasan pacu yang lebih panjang hingga 4.200 meter. Selain itu, para penumpang juga diharapkan lebih bersiap diri mengingat saat keluar dari pesawat telah berada di ketinggian 4.411 meter baik sakit kepala, kekurangan oksigen dan berbagai gejala lainnya.

Sumber :
http://www.nbcnews.com/travel/china..656