-

Machu Picchu

 

Mengupas Keajaiban Warisan Dunia Machu Picchu

16 Oktober 2013
Machu Picchu

     Pernahkah Anda mendengar tentang Machu Picchu? Tentu saja, siapa yang tak mengenal warisan dunia yang satu ini. Machu Picchu terletak di atas lembah Urubamba - Cusco, Peru dan telah dinobatkan masuk dalam jajaran daftar "7 Keajaiban Dunia" terhitung sejak tahun 2007 lalu. Situs yang terkenal sebagai "The Lost City of the Inca" ini berada di wilayah pegunungan Andes dengan ketinggian 2430 meter di atas permukaan laut. Machu Picchu sendiri memiliki arti "Gunung Tua" yang diambil dari bahasa Quechua yang merupakan bahasa orang-orang Amerika Selatan dan juga bahasa kekaisaran Inca kuno.

     Berawal dari seorang penjelajah bernama Hiram Bingham III yang merupakan salah satu pengajar sejarah Amerika di Yale University, keberadaan Machu Picchu mulai menjadi sorotan sebagian orang terutama para arkeolog. Penjelajahan yang dilakukan Bingham pada tahun 1911 memang bertujuan mencari daerah bernama Vilcabamba (kota terakhir Kerajaan Inca). Bingham menemukan reruntuhan dengan struktur bangunan di Machu Picchu yang mirip dengan peninggalan suku Inca maka Ia meyakini bahwa situs ini adalah Vilcabamba.

Machu Picchu Bingham

     Meski demikian, pengakuan Bingham ini ternyata salah karena ternyata Machu Picchu ini bukanlah kota hilang suku Inca yang sebenarnya. Machu picchu hanyalah "kota yang hilang" bukan kota yang hilang sebenarnya karena Vilcabamba yang asli kini diyakini berada sekitar 80.5 km arah barat dari Machu Picchu. Hal ini dibuktikan oleh seorang petualang bernama Gene Savoy (1964) yang telah mengidentifikasi reruntuhan didaerah tersebut memang benar Vilcabamba atau Espiritu Pampa yang dibangun oleh Manco Inca Yupanqui pada tahun 1539 dan merupakan tempat perlindungan terakhir Kerajaan Inca sebelum akhirnya kalah ditangan Spanyol tahun 1572.

     Vilcamba yang sebenarnya memang telah ditemukan, namun Machu Picchu tetap menyandang gelar kota Inca yang hilang. Berdasarkan hasil penelitian para arkeolog baru-baru ini, situs ini diyakini merupakan rumah tinggal Kaisar ke-9 Inca yaitu Pachacuti Inca Yupanqui yang digunakan untuk menyimpan harta pribadinya.

Machu Picchu

     Terlepas dari kebenaran akan kisah penemuan Machu Picchu, keindahan dan keajaiban Machu Picchu memang layak diakui dan diacungi jempol karena letaknya yang berada di tengah-tengah deretan pegunungan menjadikan sebuah sensasi tersendiri bagi siapa saja yang menapakinya. Situs yang ditunjuk sebagai "Situs Warisan Dunia UNESCO" sejak tahun 1983 ini berhasil menarik ribuan wisatawan yang datang setiap tahunnya. Meski harus mendaki untuk menyaksikan arkeologi yang diyakini peninggalan suku Inca, namun semua itu terbayarkan lunas dalam setiap langkah oleh indahnya pemandangan sekeliling.

Machu Picchu Ruins

     Machu Picchu terbagi dari tiga bangunan utama. Pertama, Intihuatana yaitu bukit yang dianggap suci dimana terdapat sebuah batu yang diyakini merupakan patokan jam matahari dan kalendar untuk daerah setempat. Kedua, Kuil Matahari yaitu kuil yang memiliki nilai spiritual tinggi karena diyakini sebagai tempat diadakannya ritual persembahan yang mengorbankan penduduk setempat dan kemudian diabadikan tubuhnya dengan dijadikan mumi. Ketiga, Ruangan Tiga Jendela yaitu rumah ibadat utama suku Inca pada jaman dahulu yang hanya memiliki tiga buah jendela.

Batu IntihuatanaKuil Matahari

Ruangan Tiga Jendela

     Meski Machu Picchu telah ditemukan keberadaannya dan telah menjadi salah satu keajaiban dunia yang baru, situs ini masih menyimpan kemisteriusan yang belum terjawab. Salah satunya adalah perihal kemiripan gunung Huayna Picchu (Wayna Picchu) yang menyerupai wajah manusia di situs ini. Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini yang apabila foto diputar 90 derajat akan terlihat lebih jelas susunan gunung yang membentuk seperti dahi, hidung, mulut, dan dagu.

Huayna Picchu

     Hal ini telah menjadi perbincangan dari waktu ke waktu, ada yang mengatakan foto tersebut merupakan hasil editan namun ada juga yang mengatakan foto tersebut nyata. Selain itu, konon katanya menurut cerita yang beredar gunung tersebut dibangun sedemikian rupa oleh suku Inca sendiri untuk melambangkan Kerajaan Inca. Setiap orang memang memiliki penilaian masing-masing, lalu bagaimana dengan Anda, apakah percaya dengan mitos tersebut atau tidak? Jika penasaran, Anda dapat mengunjungi sendiri Machu Picchu yang terkenal dengan keajaiban dan kemisteriusannya tersebut.