-

MRT Turki

 

Dua Benua Berhasil Dihubungkan Pertama Kali Dengan MRT Bawah Laut

Rabu, 30 Oktober 2013
marmaray

        Setelah 150 tahun lamanya, impian seorang Sultan di Turki yang ingin menghubungkan dua benua yaitu Eropa dan Asia melalui jalur bawah laut akhirnya berhasil direalisasikan oleh PM Turki Recep Tayyip Erdogan. MRT bawah laut yang kemudian dinamakan Marmaray ini dibangun tepatnya dibawah Selat Bhosporus dan diresmikan bertepatan dengan hari jadi 90 tahunnya negara Turki. Pembangunan MRT ini dimulai sejak tahun 2004 namun dalam pelaksanaannya banyak gangguan seperti penemuan beberapa benda-benda bersejarah.

        Tertulis di BBC.com (Selasa, 29/10/13), terowongan Marmaray dibangun sepanjang 13,6 km namun yang berada dibawah laut hanya sepanjang 1,4 km. Pembangunan proyek ini ternyata memakan biaya yang tidak sedikit. Total biaya untuk proyek ini mencapai 4 milyar USD (3,4 milyar Euro). Demi mewujudkan proyek besar ini, Jepang juga turut ambil bagian dengan menyumbangkan dana sebesar 1 milyar USD.

        Jika Anda berpikir pembangunan terowongan ini dengan menggali tanah di dasar laut, Anda salah karena terowongan ini dibangun berdasarkan potongan-potongan yang telah dibuat diluar laut dan kemudian ditenggelamkan hingga kedalaman 55 meter di bawah laut. Potongan-potongan tersebut barulah disambung-sambung hingga menjadi terowongan yang utuh.

        Dengan dibangunnya MRT Marmaray ini, diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang setiap hari menyerang jembatan penghubung antara Istanbul Eropa dan Istanbul Asia. MRT pertama yang menghubungkan dua benua besar ini mampu menampung 75 ribu orang per jam nya. Anda penasaran ingin merasakan Marmaray ini? Silahkan langsung berkunjung ke negara Eurasia.

marmaray marmaray

Sumber :
http://www.bbc.co.uk/...europe