-

Sinkhole

 

Sinkhole Kembali Menelan Sebuah Resor
Dekat Disney World Florida
Selasa, 13 Agustus 2013

        Minggu malam kemarin, tamu-tamu yang tengah beristirahat di Summer Bay Resort di Clermont, dekat Disney World Florida, dikagetkan oleh sebuah lubang selebar 100 kaki (30 meter) yang terbentuk tiba-tiba di bawah resor tersebut. Akibat lubang yang dikenal dengan nama sinkhole ini, para tamu terpaksa keluar dari kamar mereka untuk menyelamatkan diri dari insiden yang tengah terjadi.

        Menurut sumber yang dituliskan di bbc.com (Senin, 12/08/13), sinkhole yang terbentuk mencapai kedalaman 15 kaki (5 meter) dan meruntuhkan resor tiga lantai yang terdiri dari 24 kamar serta mengancam dua resor lainnya. Fenomena ini bermula sekitar pukul 22.30 pada hari Minggu (02.30 GMT pada hari Senin) saat sebuah keluarga melaporkan mendengar seperti suara letusan.

        "Saya mendengar suara-suara muncul dan aku mendengar orang berteriak dan kaca pecah. Bangunan benar-benar memutar dan terpisah," ujar satpam Summer Bay Resort, Richard Shanley. Staff resor pun mengambil tindakan cepat untuk segera mengevakuasi para tamu.

        Saksi mata, Amy Jedele, yang juga merupakan tamu dari resor ini mengatakan bahwa "Anda dapat mendengar suara retakan dan kaca-kaca pecah." Tak hanya itu, "Anda dapat melihat tanah jatuh jauh dari bangunan di mana bangunan mulai miring," katanya kepada AP. "Orang-orang terperangah melihat struktur sebesar itu tenggelam ke dalam tanah perlahan-lahan."

        Kabar baiknya, insiden ini tidak memakan korban jiwa. Fenomena sinkhole ini terjadi bukan untuk pertama kalinya di kawasan Florida. Pada bulan Maret 2013 lalu, sebuah rumah dipinggiran kota Tampa habis tertelan sinkhole yang menyisakan cerita seorang pria (Jeff Bush, 37th) ikut tertelan dan tubuhnya tak pernah ditemukan hingga kini.

        NB :
Sinkhole adalah lubang yang diakibatkan tekanan terhadap permukaan tanah yang terjadi ketika sebuah lapisan bawah tanah melemah dan tak mampu menopang struktur lapisan di atasnya.

Sumber :
http://www.bbc.co.uk/news/world-us-canada-23668885