-

Smog in China

 

Asap Tebal Di China Tak Berkesudahan

Jumat, 25 Oktober 2013
harbin smog

        Menyambut musim dingin yang mulai mengunjungi China hingga suhu kurang lebih 10 derajat Celcius saat ini, masyarakat China pun harus menghadapi cuaca yang tidak menyehatkan karena asap tebal di daratan China terus meningkat hingga melebihi batas normal WHO. Hal ini berimbas di beberapa kawasan China mulai dari Beijing beberapa waktu lalu hingga kini asap tebal mulai menyelimuti kota Harbin yang terkenal sebagai kota festival es.

        Seperti yang tertulis di BBC.co.uk (Senin, 21/10/13), sekolah-sekolah di Harbin, China pun terpaksa harus ditutup mengingat tingkat bahaya dari asap ini bagi anak-anak perlu diwaspadai. Tak hanya berimbas pada sekolah, namun juga berimbas pada beberapa jalan yang ditutup dikarenakan jarak pandang di kota yang sangat minim yaitu kurang dari 20 meter. Asap yang dapat membuat batuk-batuk jika menghirupnya ini juga menyebabkan sejumlah penerbangan terpaksa dibatalkan dan bandara di Harbin pun ditutup demi keamanan.

        Pengukur partikel diudara khususnya untuk yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer berhasil mendeteksi jumlah partikel tersebut dengan angka yang berkali-kali lipat yakni diatas 500 mikrometer per meter kubik dimana semestinya batas aman yang ditetapkan WHO adalah 25 mikrometer per meter kubik. Memang bukan hal yang mengejutkan lagi karena China sering kali mengalami peningkatan polusi asap bahkan hingga mengakibatkan kematian warga setempat.

        Polusi asap ini masih terus berlanjut hingga kini di provinsi Heilongjiang dan juga di provinsi Jilin dan Lioning yang letaknya berdekatan. Warga setempat harus menggunakan masker tiap kali keluar rumah guna sedikit mengurangi terhirupnya asap yang tidak menyehatkan tersebut.

harbin smog harbin smog
jilin smog shenyang smog

Sumber :
http://www.bbc.co.uk/indonesia...cina_polusi.shtml
http://edition.cnn.com/...china-smog-lingers/index.html