-

Topan Haiyan

 

Topan Haiyan Menghantam Filipina Hingga Porak Poranda

Selasa, 12 November 2013
Topan Haiyan

       Topan Haiyan atau Topan Yolanda yang terjadi hari Jumat, 08 November 2013 lalu berhasil memporak-porandakan beberapa tempat di Filipina hingga mengakibatkan kerusakan yang cukup signifikan. Salah satu kawasan yang terkena dampak paling besar adalah Tacloban, Provinsi Leyte. Akibat bencana yang melanda negara ini, bandara tidak beroperasi selama beberapa waktu namun kini mulai beroperasi kembali dengan normal kecuali Bandara Tacloban. Bandara ini hancur berantakan akibat terjangan air laut dengan ketinggian hampir 4 meter disertai terpaan hujan dan angin.

       Meski bandara di Filipina telah mulai beroperasi kembali, beberapa maskapai penerbangan memberikan kompensasi akibat terpaan Topan Haiyan terutama untuk penerbangan ke daerah yang disinggahi oleh topan tersebut. Kompensasi tersebut antara lain Philippines Airlines dan Tigerair Filipina menawarkan waktu 30 hari dari tanggal penerbangan seharusnya untuk re-book tiket, Cebu Pacific menawarkan juga waktu 30 hari untuk re-book atau pengembalian dana penuh untuk tiket yang sudah dibeli, Air Asia menawarkan penerbangan gratis dalam waktu 14 hari untuk rute yang sama (terms and condition apply).

       Setelah diperkirakan menewaskan korban sedikitnya 10.000 orang di Filipina, Topan Haiyan masih bergerak melalui Laut Cina Selatan menuju daratan China Selatan setelah menghantam Vietnam terlebih dahulu. Sehubungan dengan masih berlanjutnya serangan topan dalam beberapa hari ke depan, pemerintah setempat menghimbau kepada penumpang pesawat agar waspada jika akan melakukan perjalanan ke China dan Vietnam dalam waktu dekat.

       Bagi Indonesia sendiri, BMKG mengatakan bahwa topan tersebut tidak akan bertandang ke Indonesia namun daerah bagian utara akan terkena dampak berupa gelombang tinggi dan hujan. Berdasarkan data yang diperoleh BMKG kemarin, Topan Haiyan bergerak menuju utara barat laut menjauhi wilayah Indonesia sehingga negara kita aman dari sapaan Topan Haiyan.

Sumber :
Dari berbagai sumber