-

Virus MERS

 

Tanggapan Korea Tourism Organization (KTO) Terkait Virus MERS

Jumat, 12 Juni 2015
visit korea

        Saat ini virus MERS sudah semakin mewabah, dari data WHO saat ini jumlah penderita MERS di dunia sudah mencapai 1.179 pasien yang tersebar di 25 negara, di antaranya Arab Saudi, Amerika Serikat, China, Malaysia, dan yang kini sedang banyak dibicarakan, Korea Selatan. Jumlah warga Korea Selatan yang terinfeksi virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) sudah mencapai 108 orang, sembilan di antaranya meninggal dunia. Berita Virus MERS yang melanda Korea Selatan ini tentunya meresahkan wisatawan yang hendak berkunjung di Korea Selatan dan menyebabkan menurunnya wisatawan di beberapa area di Korea Selatan.

        Menanggapi hal ini Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta langsung mengambil tindakan dengan memberikan tanggapan terkait virus MERS yang meresahkan para wisatawan khususnya Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak berkunjung ke Korea Selatan.

        Peter Ben Embarek, ahli penelitian MERS dari WHO menyatakan bahwa Korea masih mampu mengontrol wabah MERS karena mereka memiliki pemahaman sepenuhnya atas wabah yang terjadi di negara tersebut. WHO juga menyatakan bahwa melarang seseorang mengunjungi Korea merupakan tindakan yang tidak perlu dilakukan. Saat ini Korea mengawasi secara intensif semua pihak yang didiagnosis terinfeksi maupun pihak yang pernah melakukan kontak dengan yang terinfeksi.

pencegahan mers

        Sampai sekarang, belum ada kasus infeksi MERS yang terjadi di luar rumah sakit atau ruang publik. Korea masih dapat dikunjungi karena Virus MERS tidak dapat ditularkan melalui udara, melainkan melalui dahak yang keluar saat penderita MERS batuk atau bersin. KTO juga menjelaskan bagaimana cara mencegah infeksi virus MERS selama dalam perjalanan antara lain menjaga kebersihan pribadi dengan mencuci tangan, dll, serta menutup mulut dan hidung dengan tisu atau masker saat batuk atau bersin. Hingga saat ini belum ada wisatawan asing yang terinfeksi virus MERS saat mengunjungi Korea.

        KTO menjelaskan jika wisatawan menemukan gejala mirip MERS (demam tinggi, batuk-batuk, dll) saat mengunjungi Korea, agar segera menghubungi Pusat Informasi Wisatawan KTO di 1330 agar pihak terkait dapat langsung mengambil langkah penanganan.

Kontak resmi terkait MERS: 043-719-7777 (hanya dalam bahasa Korea)
(Area lokal) Seoul 02-120, Daejeon 042-120, Gyeonggi 031-120

Source :
http://www.visitkorea.or.id/bbs/board.php?bo_table=notifikasi&wr_id=2